Sosialisasi Asian Para Games 2018 di Karawang

Kompas.com - INAPGOC tengah g5a2edac10c1b9 sosialisasi asian para games 2018 di gala desa 663 382encar melakukan sosialisasi Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta pada 6 Oktober tahun depan. Salahsatunya dalam penutupan program unggulan Kemenpora bertajuk Gala Desa yang berlangsung di Karawang, akhir pekan lalu.

Bertempat di Lapangan Panayuda, Karawang, Jawa Barat, terpampang sejumlah spanduk Asian Para Games (APG) 2018 di sekitaran lokasi penutupan. Tentu langkah itu dinilai menjadi sebuah salah satu sosialisasi ampuh untuk menggelorakan pesta olahraga tingkat Asia tahun depan.

Sekjen INAPGOC, dr. Bayu Rahadian, Sp.Kj. mengatakan bahwa tujuan sosialiasi Asian Para Games untuk memberikan informasi lebih kepada masyarakat jika Indonesia bertindak sebagai tuanrumah pesta olahraga atlet penyandang disabilitas.

Menurutnya, games bagi atlet penyandang disabilitas disetarakan dan dibuat meriah. "Selain aspek dari pertandingan, terdapat harapan berupa legacy yang ditinggalkan pasca games, baik itu dalam bentuk pemahaman mengenai disabilitas secara keseluruhan dan juga harapan terhadap infrastruktur, aksesibilitas, transportasi dan lainnya, di mana goal terakhirnya adalah masyarakat yang inklusif," tutur Bayu Rahadian.

"Di hari disabilitas internasional, harapannya adalah inklusif society, masyarakat yang inklusif tidak membedakan, bersama, setara baik hak-haknya maupun pelayanan kita terhadap teman-teman disabilitas," tambahnya.

Sementara  itu, Asisten Deputi Sentra dan SKO Kemenpora, Teguh Raharjo mengatakan bahwa multi event seperti Asian Para Games adalah milik rakyat Indonesia karena kita menjadi tuan rumah.

Harapannya ketika kita menjadi tuan rumah tentunya masyarakat Indonesia khususnya melalui olahraga bisa menyambut baik dan menjadi langkah awal peningkatan olahraga yang lebih baik lagi," kata dia.

Terkait dengan sosialisasi yang dilakukan dalam rangkaian penutupan Gala Desa, Teguh menambahkan bahwa rangkaian sosialisasi tersebut terbilang ampuh. Pasalnya, ajang promosi itu menyasar bukan hanya ke pusat perkotaan melainkan setiap desa maupun kabupaten yang disinggahi oleh gelaran Gala Desa 2017.

"Oleh karena itu terkait perhelatan Asian Para Games, melalui Gala Desa tentunya ini menjadi momen yang sangat baik untuk menginformasikan kepada khalayak, tidak hanya di perkotaan tetapi juga didaerah-daerah maupun di desa-desa. Jadi tidak hanya orang kota saja yang tahu tentang Asian Para Games, tetapi sampai ke pelosok," jawab Teguh.

"Apakah efektif? Jelas sangat efektif sekali, karena setiap desa pasti turun ribuan masyarakat untuk mengikuti Gala Desa. Dan pasti efeknya sangat luas karena ini publikasi secara langsung. Dan itu seluruh Indonesia kena semua. Mungkin sebelumnya banyak yang bertanya apa sih Asian Para Games?. Tetapi dengan sosialisasi ini mereka akan mengetahui," ungkapnya.

Dagang Online, Startup Wajib Kantongi Izin Kemendag

 

Aplikasi toko online Android e1430811928922
Dalam Rancangan Peraturan Pemerintah terkait transaksi perdagangan sistem elektronik, startup bakal diwajibkan mengantongi izin usaha sebelum memulai usaha
Pemerintah mengaku, sedang menyusun aturan guna memberikan legalitas pada badan usaha yang menjalankan perdagangan elektronik (e-commerce). Nantinya, pelaku usaha e-commerce, termasuk tingkatan startup wajib memperoleh izin dari Kementerian Perdagangan sebelum memulai usahanya. Aturan tersebut rencananya akan tercantum dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait transaksi perdagangan melalui sistem elektronik. Penyusunan RPP tersebut saat ini tengah memasuki proses Focus Group Discussion (FGD) antar kementerian dan lembaga dan diharapkan bisa terbit segera mungkin.Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana menjelaskan, guna mendapatkan izin tersebut, setidaknya ada tiga syarat yang harus dipenuhi pelaku usaha.

Pertama, badan usaha harus memiliki domain situs dot id. Kemudian, badan usaha pun harus mendaftarkan transaksi elektroniknya kepada pemerintah. Selanjutnya, badan usaha wajib memiliki sistem sendiri jika memang ingin berbisnis perdagangan secara daring."Hal lain yang perlu diantisipasi dari tumbuhnya startup ini adalah sengketa bisnis. Nanti, di dalam peraturan ini juga akan disertakan. Maka dari itu, yang pasti tujuan (peraturan ini) adalah untuk memberikan kepastian berusaha dan legalitas pelaku e-commerce," jelas Wisnu.

Tak hanya bagi pelaku usaha, aturan ini juga ditujukan untuk memberikan rasa aman bagi konsumen. Sebagai contoh, pemerintah menjamin bahwa konsumen bisa memperoleh kepastian hukum sesuai Undang-Undang (UU) perlindungan konsumen jika pelaku usaha lalai dalam memenuhi kewajibannya.Selain itu, pemerintah juga akan bekerja sama dengan perbankan untuk menghindari transaksi yang bersifat anonim. Bahkan, pelaku usaha juga wajib memiliki rekening jaminan sebagai garansi bahwa uang konsumen akan kembali."Dalam melakukan transaksi, penjual pun harus cantumkan teknis barang-barangnya, cara pembayarannya seperti apa, bahkan hingga teknis penyerahan barang juga diatur di dalam RPP ini. Yang pasti, ini memberikan rasa aman bagi konsumen agar semakin confident dalam transaksi e-commerce," kata dia.

Menurutnya, aturan ini juga merupakan jawaban pemerintah atas menjamurnya startup di Indonesia. Apalagi, sebagian startup kini sudah menjelma naik kelas menjadi level unicorn. Namun, ia sendiri belum tahu kapan aturan ini bisa diluncurkan."Karena pada prinsipnya kami memberi kemudahan akses pasar bagi para pelaku usaha ini sehingga kami merasa perlu membuat aturan," pungkas Wisnu.Adapun menurut Asosiasi E-Commerce Indonesia, potensi transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan bisa mencapai Rp1.700 triliun di tahun 2020 mendatang. Angka ini melonjak signifikan dibanding total nilai transaksi e-commerce di tahun 2016 sebesar Rp75,76 triliun.

Ingin Juara, Alasan Sterling tinggalakn Liverpool

 

raheem sterling Bintang Manchester City, Raheem Sterling mengaku punya pertimbangan untuk bertahan di Liverpool asalkan klub selalu berjuang untuk meraih gelar juara.

Sterling, 21, memutuskan hijrah ke skuat The Citizens pada pertengahan 2015 lalu dengan banderol transfer £44 juta, meninggalkan Anfield yang sudah ditinggalinya sejak 2010 silam.

Winger internasional Inggris itu lalu mengingat percakapan dengan agennya, menyatakan bahwa memang kepindahan dari Liverpool memang jadi opsi apabila secara tim dinilai sulit juara.

"Saya ingat ucapan saya pada agen, jika saya berusia 22 tahun dan tak memenangkan gelar apa pun di kompetisi terbesar maka saya harus memeriksa kembali segala opsi yang ada," ungkap Sterling dalam acara The Premier League Show.

"Anda harus selalu yakin bahwa diri Anda terus bermain di level tertinggi dan juga terbaik."

"Saya selalu mencintai Liverpool dan mereka adalah tim besar, tim yang hebat dan telah membantu saya berkembang sejauh ini."

"Tak ada isu apa pun di sana, dengan fans atau yang lainnya. Jadi tidak benar bahwa saya merasa benar-benar senang dengan cara saya pergi."

Demo 4 November di Jakarta Jadi Sorotan Media Asing

Okezone.com demoJAKARTA – Rencana demonstrasi besar-besaran umat Islam dari seluruh Indonesia yang berpusat di Jakarta tampaknya tidak saja menjadi sorotan media lokal. Diketahui, sejumlah media asing seperti The Guardian, Channel News Asia, dan Straits Times ikut mengamati rencana aksi demonstrasi sejumlah ormas Islam tersebut.

Demonstrasi itu merupakan bagian dari protes umat Islam di seluruh Indonesia atas dugaan penistaan agama yang dilakukan gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Thahaja Purnama (Ahok). Saat berpidato di depan warga Kabupaten Kepulauan Seribu, ia mengatakan: “Jangan mau dibohongi pakai Surah Al Maidah: 51.”

Perkataan “dibohongi” yang digunakan Ahok itulah yang kemudian menyulut kemarahan umat Islam di seluruh Indonesia. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan Ahok melakukan penistaan agama.

Berita Channel News Asia menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menginstruksikan petugas keamanan untuk bersiaga dengan demo pada Jumat 4 November 2016. “Saya telah memerintahkan aparat pemerintah untuk bersiaga dan menjalankan kewajiban mereka secara profesional,” ujar Presiden Jokowi, sebagaimana dilansir Channel News Asia, Rabu (2/11/2016).

Berdasarkan laporan media tersebut, tuntutan utama massa demonstran adalah agar Ahok segera diproses hukum karena menghina umat Islam. Tudingan itu karena Ahok mengkritik orang-orang yang menggunakan ayat Alquran untuk menyerang dirinya menjelang Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada Februari 2017.

Sementara The Straits Times menyoroti mobilisasi ribuan polisi yang didukung 500 TNI. “Pemerintah telah menjamin hak kebebasan berbicara, tapi pemerintah juga harus mengatur ketertiban umum. Saya telah menyiapkan petugas keamanan,” ujar Presiden Jokowi, sebagaimana dilansir The Straits Times.

Tidak jauh berbeda dari dua media sebelumnya, The Guardian mengatakan bahwa ribuan massa dari berbagai daerah telah datang dan berkumpul di Jakarta untuk melakukan protes pada Jumat 4 November. The Guardian melaporkan, kelompok utama yang melakukan yang berada di balik aksi demo adalah Front Pembela Islam (FPI).

“Saya meminta kepada setiap warga untuk tetap tenang. Jangan mudah terprovokasi oleh media sosial,” ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian, sebagaimana ditulis The Guardian.

Tito mengatakan, untuk mengamankan aksi demonstrasi, 18 ribu petugas keamanan telah dikerahkan. Selain itu, bantuan keamanan sebanyak 500 personel juga didatangkan dari kesatuan TNI.

Aurel Hermansyah Disodori Alkohol Saat Nge-DJ, Ini Reaksi Ashanty

WowKeren.comaurelher - Keputusan untuk menjadi DJ sempat ditentang oleh ibu sambungnya, . Ashanty rupanya takut jika Aurel terpengaruh hal-hal buruk saat menjadi DJ. Ashanty kemudian berubah pikiran dan mengizinkan Aurel menekuni profesi tersebut.

Namun kekhawatiran Ashanty ini tampaknya terjadi. Sebuah pengalaman buruk sempat dialami oleh Aurel ketika sedang nge-DJ di sebuah klub malam.

Aurel mengaku seorang pria tiba-tiba menghampiri dirinya. Pria ini kemudian menyodori minuman beralkohol padanya. Untungnya, tak terjadi hal buruk pada Aurel saat ia menolak tawaran pria ini.

"Waktu itu aku nge-DJ dan disamperin," ujar Aurel di Jakarta Barat, Selasa (1/11/2016). "Langsung nyodorin minuman, aku diam saja."

Ashanty rupanya melihat kejadian ini karena kebetulan tengah menemani Aurel. Istri ini merasa tak terima dengan tingkah laku pria tersebut dan marah besar.

"Bunda ngelihat, terus bunda orang itu dimarahin bunda," tambahnya. "Dia kasih minuman terus kabur, aneh ya."

Aurel mengaku tak kapok menjadi DJ meski sempat tertimpa pengalaman buruk. Baginya yang terpenting adalah bisa menjaga dan mengontrol dirinya sendiri.

"Namanya di tempat begitu ya begitulah," pungkas Aurel. "Jadi kita harus bisa jaga diri." (wk/rs)